Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengejutkan Segini Biaya Konversi Truk Listrik dari Mesin Diesel

Truk listrik Tesla Semi
Sumber :

100kpj - Konversi, atau mengubah powertrain kendaraan berbahan bakar menjadi listrik berbasis baterai bukan hanya diterapkan pada motor, atau mobil penumpang, namun truk juga bisa diperlakukan hal yang sama.

Mengingat dimensi, dan daya angkutnya yang lebih besar, maka jangan kaget jika biayanya miliaran rupiah, atau setara beli truk ringan konvensional baru.

Baterai truk listrik Mitsubishi Fuso

Soal komponen yang digunakan masih sama, yaitu baterai, kontroler, dan motor listrik penggerak alias dinamo.

Cukup jarang terdengar ada penyedia jasa konversi truk bermesin diesel menjadi listrik murni, namun ada salah satu perusahaan di Indonesia yang secara bisnis berfokus menyediakan modifikasi tersebut, yaitu PT Alun.

Agar dikenal publik, bengkel konversi truk listrik itu unjuk gigi di pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Expo, atau GIICOMVEC 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada 7-10 Maret.

Perusahaan yang menyediakan layanan modifikasi sumber tenaga untuk kendaraan komersial, atau niaga itu menyebutnya Adaptive Mobility Power, alias AMP. Artinya komponen yang digunakan tidak hanya satu jenis, namun bisa disesuaikan kebutuhan.

Berita Terkait
hitlog-analytic