Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

VKTR Bangun Fasilitas Kendaraan Listrik Komersil CKD Pertama di Indonesia

VKTR groundbreaking fasilitas kendaraan listrik pertama di Indonesia
Sumber :

100kpj –  PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) telah resmi memulai pembangunan fasilitas kendaraan listrik komersil berbasis Completely Knock Down (CKD) pertama di Indonesia di Magelang, Jawa Tengah. Ini diwujudkan lewat anak perusahaannya yang merupakan joint venture dengan Karoseri Tri Sakti yaitu PT VKTR Sakti Industries (VKTS).

Groundbreaking Fasilitas Kendaraan Listrik Komersil Pertama di Indonesia ini dilakukan di fasilitas VKTS, dengan dukungan dari pemerintah nasional dan lokal. Seperti, Menteri Perhubungan Budi Karya, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufik Bawazier (Mewakili Menteri Perindustrian Republik Indonesia); PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, PJ Bupati Magelang Sepyo Achanto dan jajaran otorita daerah lainnya.

Presiden Direktur Bakrie & Brothers Anindya N. Bakrie mengatakan, pembangunan fasilitas ini juga merupakan wujud kesungguhan VKTR untuk mendukung pemerintah dalam merealisasikan Peraturan Presiden No. 55/2019 juncto Peraturan Presiden No. 79/2023 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan.

VKTR groundbreaking fasilitas kendaraan listrik komersil di Indonesia

“Pembangunan fasilitas VKTS merupakan salah satu realisasi kesungguhan dari Bakrie Group dalam perjalanan panjang grup usaha kami menuju rencana dekarbonisasi total tahun 2042 (100 tahun Bakrie Group). Kami optimis dengan masa depan industri keberlanjutan dan elektrifikasi Indonesia yang terus berkembang, dan terus konsisten dalam merealisasikan baik target internal grup usaha, maupun mendukung target pemerintah Indonesia menuju Net Zero Emissions tahun 2060,” ujar Anindya, Selasa, 27 Februari 2024.

Sementara itu, Gilarsi W Setijono, Direktur Utama VKTR, mengungkapkan, langkah ini merupakan upaya pihaknya dalam berkontribusi untuk Negara dan industri EV di Indonesia dalam percepatan program KBLBB di Indonesia. Menurutnya, pembangunan fasilitas VKTS dilakukan dengan bermitra dengan dua ekspertis di bidang konstruksi.

Yaitu, Bakrie Construction dan Automotive Engineering Corp (Sinomach Group); yang telah memiliki sejumlah portfolio unggulan untuk fasilitas merk EV global dunia dengan standar internasional.

Berita Terkait
hitlog-analytic