Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Perjalanan BYD dari Produsen Baterai hingga Jadi Mobil Listrik Terlaris

Mobil listrik BYD hadir di RI pekan depan
Sumber :
BYD

100kpj –  Build Your Dream atau BYD kini menjadi raksasa pabrikan mobil listrik asal China. Walaupun, sebenarnya BYD memulai bisnisnya sebagai produsen baterai dan memasok sejumlah peralatan elektronik.

Head of Training BYD Asia Pacific Jacob Ma bilang BYD memulai sebagai perusahaan baterai yang berdiri di atas lahan sewa bangunan dengan jumlah 20 karyawan. Mulanya perusahaan itu bekerja untuk mengembangkan baterai.

"BYD berdiri pada tahun 1995 sebagai perusahaan baterai. Lalu, pada tahun 2003 kami membuat mobil kami sendiri," kata Jacob Ma di ajang IIMS 2024, belum lama ini.

Diler BYD Arista di BSD Tangerang

Hingga akhirnya, BYD mulai masuk ke industri otomotif pada 2023 dan itu menjadi tonggak. BYD mempunyai lisensi untuk membuat mobil dan mulai memproduksi mobil konvensional pada 2010.

Menariknya, meskipun produsen baterai, namun mobil yang dibuat pertama kali oleh BYD adalah mobil dengan mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (ICE). Mobil itu adalah BYD F3 yang rilis pada 22 September 2005.

"Dalam membangun suatu kendaraan, kami harus belajar dahulu dari awal. F3 menjadi salah satu kendaraan yang paling populer pada 2005 sampai 2010," ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic