Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Toyota Recall Ratusan Unit Mobil Listrik bZ4X di Indonesia karena Masalah Ini

Toyota bZ4X
Sumber :

100kpj –  PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan program recall atau penarikan kembali terhadap mobil listrik Toyota bZ4X yang sudah beredar di Indonesia. Recall ini dilakukan untuk melakukan pembenahan pada Electronic Control Unit (ECU).

Total sebanyak 595 unit Toyota bZ4X yang terkena recall produksi Maret 2022 hingga Juni 2023. Pemilik mobil yang terkena dampak tersebut diminta untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota dan melakukan pemeriksaan dan pengecekan re-programing ECU.

"Dengan segala kerendahan hati, PT TAM menjalankan inisiatif global dari prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) yaitu menginformasikan dan mengajak para pemilik kendaraan Toyota bZ4X tahun produksi Maret 2022 – Juni 2023 supaya segera memastikan apakah kendaraannya termasuk dalam daftar unit yang mendapatkan recall di jaringan bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia," ungkap Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, Senin 29 Januari 2024.

Canggihnya mobil listrik Toyota bZ4X bisa parkir sendiri

Dalam keterangan resminya, Toyota bZ4X perlu dilakukan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan tampilan seluruh informasi penting kendaraan pada Combination Meter. Jika ECU mengalami malfungsi, tampilan MID akan menjadi blank atau kosong setelah siklus kunci baru.

Hal ini akan menyebabkan beberapa fungsi kendaraan menjadi tidak berfungsi. Seperti lampu penunjuk arah, lampu isyarat peringatan bahaya (hazard), dan Pre-Collision System. Akibatnya, kendaraan tersebut berpotensi tidak memenuhi persyaratan tertentu terkait safety.

Untuk mengatasi potensi malfungsi tersebut, TAM akan melakukan reprogramming atau software update pada ECU. Proses ini akan dilakukan oleh teknisi ahli bersertifikat Toyota global.

Berita Terkait
hitlog-analytic