Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Enam Hal Penting Pengecekan Mobil Sebelum Berkendara

Ilustrasi setir mobil.
Sumber :

100kpj - Hal Ringan yang Sebaiknya dilakukan Sebelum Berkendara

Sebelum berkendara, ada baiknya melakukan pengecekan rutin. Paling tidak sediakan waktu 5-10 menit sebelum memulai aktivitas membawa mobil. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir hal-hal yang kurang diinginkan selama perjalanan, seperti halnya mogok.

Apa saja? Seperti dikutip Astraworld, Jumat 23 Agustus 2019, pertama melakukan pengecekan kondisi battery (aki). Untuk aki basah, pengecekan dapat dilakukan mulai dari kuantitas air aki. Kurangnya air aki dapat menyebabkan suhu kerja aki menjadi tinggi sehingga memperpendek umur aki. Jangan lupa sediakan air aki cadangan di rumah agar tidak perlu repot ketika pagi-pagi harus ke bengkel atau menunggu toko aki buka.

Kedua, cek kuantitas oli mesin. Hal ini sebaiknya Anda lakukan sebelum menyalakan mesin kendaraan Anda. Cek melalui tongkat pengukur kapsaitas oli mesin (Dipstick Oil) yang terdapat pada tempat oli mesin kendaraan Anda. Pastikan level oli mesin Anda sesuai dengan anjuran pabrikan agar tidak menimbulkan kerusakan mesin.

Ketiga, cek kuantitas air pendingin radiator. Pastikan kondisi air pendingin radiator Anda baik dan tidak kurang. Penngecekan dapat dilakukan dengan melihat tabung cadangan air radiator, pastikan level air tidak berada  dibawah batas tabung cadangan. Air pendingin mesin yang kurang dapat menimbulkan gejala mesin overheating.

Keempat, cek level air pada tangki air untuk wiper. Hal ini penting dijaga untuk membersihkan kaca depan mobil ketika terdapat kotoran yang menggangu visibilitas.

Kelima, cek kondisi dan tekanan angin pada ban Anda. Kondisi kurang angin dan tapak ban yang mulai aus dapat mengganggu daya cengekeram ban terhadap jalan dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Keenam, pastikan  tidak ada suara kasar saat mesin hidup, kemudian  selagi mesin hidup untu pemanasan, cek kondisi lampu utama, lampu kota, lampu sign dan lampu rem, pastikan berfungsi dengan baik. Selamat mencoba.

Berita Terkait
hitlog-analytic