Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ambisi VinFast Jadikan RI Pusat Produksi Mobil Listrik Setir Kanan, dan Motor Listrik

VinFast
Sumber :

100kpj – Strategi VinFast masuk Tanah Air serupa dengan BYD. Merek mobil nasional Vietnam itu akan impor terlebih dahulu sebelum mendirikan pabrik di kawasan Bekas, Jawa Barat untuk membuat mobil listrik, dan motor listrik.

Bukan sekadar untuk pasar domestik, kendaraan listrik yang mereka buat di Indonesia akan di ekspor ke sejumlah negara. Seperti disampaikan Direktur Penjualan dan Jaringan VinFast Indonesia, Surachman Nugroho .

Pabrik mobil listrik VinFast di Vietnam

“Pabrik kita itu nantinya juga akan melayani pasar ekspor setir kanan seperti Thailand, Singapura, Malaysia, dan Australia,” ujar Nugroho dilansir Antaranews, Selasa 8 Januari 2024.

Artinya Indonesia menjadi salah satu pusat produksi mobil listrik VinFast setir kanan, jika melihat negara-negara tujuan ekspornya. Bahkan pabrik seluas 200 hektar itu akan membuat baterai, dan sepeda motor listrik.

Nilai investasi VinFast di Indonesia mencapai 1,2 miliar dollar Amerika Serikat, atau setara Rp18 triliunan, yang digelontorkan secara bertahap untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri.

Angka tersebut sempat disampaikan Kepala Staf Presiden, Moeldoko baru-baru ini. Menurutnya, merek mobil listrik buatan Vietnam itu salah satu perusahaan besar yang sudah ekspor produknya ke Eropa, dan Amerika.

Berita Terkait
hitlog-analytic