Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jimny dan Swift Dilarang Jadi Mobil Toyota, Ibarat Land Cruiser Pakai Emblem Suzuki

Suzuki Jimny 5 pintu atau LWB
Sumber :

100kpj – Suzuki dan Toyota merupakan brand asal Jepang yang beraliansi untuk memenuhi kebutuhan pasar di beberapa negara. Sudah banyak produk hasil kawin silang mereka dengan status rebadge, atau ganti emblem.

Untuk segmen SUV (Sport Utility Vehicle) ada Suzuki Vitara Brezza yang diubah menjadi Toyota Urban Cruiser, Suzuki Baleno menjadi Toyota Glanza, dan Suzuki Ertiga menjadi Toyota Rumion di Afrika Selatan.

Suzuki Invicto mobil kembaran Kijang Innova Zenix

Yang terbaru, mereka menerapkan strategi serupa untuk meramaikan ceruk pasar MPV (Multi Purpose Vehicle) di India dengan mengubah Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid menjadi Suzuki Invicto.

Jika melihat dari model-model yang mereka ubah ulang, sepertinya hanya Kijang Innova sebagai produk legendaris Toyota, itupun terlahir di Indonesia. Namun untuk pasar global, atau Jepang belum ada.

Tidak heran jika permintaan Toyota untuk mengubah Jimny dan Swift ditolak mentah-mentah oleh Suzuki. Karena kedua model itu dianggap paling bersejarah, dan menjadi tulang punggung penjualannya secara global.

“Toyota ingin merekayasa Jimny dan Swift, tapi kami menolaknya dengan sopan,” ujar salah satu sumber Suzuki yang tidak disebutkan namanya, melansir Autocar India, Kamis 4 Januari 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic