Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kemendag Tuntut Klarifikasi Daihatsu Indonesia soal Skandal Uji Keselamatan

Pabrik PT Astra Daihatsu Motor di Sunter
Sumber :

100kpj –  Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) menuntut klarifikasi dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Ini menyusul skandal manipulasi hasil uji keselamatan Daihatsu.

Seperti diketahui, Daihatsu harus menghentikan produksi sementara di empat pabriknya di Jepang usai mengakui telah memalsukan hasil tes keselamatan berbagai model mobilnya selama lebih dari 30 tahun.

"Kami mengkhianati kepercayaan pelanggan kami. Semua kesalahan ada pada manajemen," kata Soichiro Okudaira selaku CEO Daihatsu, dikutip dari The Guardian, Jumat 29 Desember 2023.

Logo Daihatsu

Baca Juga: Daihatsu Akui Telah Manipulasi Uji Keselamatan Selama 30 Tahun

Daihatsu mengakui telah memanipulasi uji keselamatan sejak 1989, dan jumlah kasus meningkat pada 2014. Daihatsu mengumumkan, sebuah komite pihak ketiga yang independen telah menemukan bukti-bukti kecurangan dalam pengujian keselamatan pada 64 model kendaraan, termasuk yang dijual dengan merek Toyota.

Terkait hal itu, Kemendag pun lansung melakukan pertemuan dengan Daihatsu Indonesia. Pertemuan tersebut menegaskan komitmen Kemendah dalam perlindungan konsumen, seperti disampaikan Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang.

Berita Terkait
hitlog-analytic