Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Truk Hidrogen Buatan Honda dan Isuzu Bisa Jalan Sejauh Ini, Dijual 4 Tahun Lagi

Truk Hidrogen kolaborasi Isuzu dan Honda
Sumber :

100kpj – Sejumlah pabrikan berkolaborasi menuju netralitas karbon, seperti yang dilakukan dua pabrikan raksasa asal Jepang, yaitu Isuzu Motors Ltd dan Honda Motor Co., Ltd dengan menciptakan truk hydrogen listrik.

Truk ramah lingkungan itu diberi nama Giga Fuel Cell, pertama kali diperkenalkan ke publik pada ajang Japan Mobility Show, Oktober 2023. Kendaraan berat komersial itu dikembangkan Isuzu dan Honda sejak 2020.

Truk Hidrogen kolaborasi Isuzu dan Honda

Setelah melewati beberapa tahun dalam proses pengembangan, akhirnya truk hydrogen itu mengaspal di jalan, namun masih dalam tahap uji coba, mulai Desember 2023 sampai September 2024 di Jepang.

“Uji coba ini bertujuan untuk mencapai kemajuan dalam pengumpulan data, pengetahuan, dan mengidentifikasi masalah teknis sebagai persiapan untuk nantinya dijual pada 2027,” tulis keterangan PT Honda Prospect Motor, dikutip, Sabtu 30 Desember 2023.

Artinya secara total butuh waktu sekitar 7 tahun untuk pengembangan truk pelahap listrik, dan zat air itu hingga akhirnya dipasarkan. Masuk kategori heavy duty, sehingga bisa untuk mengangkut beban yang sangat berat.

Sebelumnya Presiden and Representative Director, COO Isuzu Motors Limited, Shinsuke Minami menjelaskan, bahwa tantangan yang muncul dalam menghadapi era ramah lingkungan memunculkan beragam inovasi.

Berita Terkait
hitlog-analytic