Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tempat Wisata Paling Macet yang Diserbu Mobil dan Motor saat Libur Nataru

Jalur Puncak Bogor ditutup saat tahun baru
Sumber :

100kpj – Sejumlah warga berbondong-bondong keluar rumah untuk mengunjungi tempat wisata saat libur natal, dan tahun baru, alias nataru. Sejumlah ruas jalan sudah dipadati kendaraan sejak kemarin, pun di tempat wisata.

Namun dari sekian banyak lokasi wisata yang ada di Pulau Jawa, ternyata Puncak Bogor, Jawa Barat, dan Kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah menjadi tempat wisata paling macet, karena peningkatan kendaraan.

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melihat langsung aktivitas di sejumlah lokasi wisata. Menurutnya, jumlah kendaraan di Puncak, dan Dieng meningkat drastis sejak beberapa hari lalu.

"Sekarang ini di hari Natal justru di tempat liburan terjadi satu lonjakan, di Puncak, Dieng dan beberapa tempat [wisata]," ujarnya kepada wartawan, dikutip, Selasa 26 Desember 2023.

Untuk mengurai kemacetan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalan menerapkan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow, one way. Jalan satu arah melawan arus diterapkan pada jam tertentu, seperti halnya di Tol Jagorawi.

Selain itu, khusus di kawasan Puncak, Bogor ada aturan ganjil-genap, artinya bukan anya buka tutup jalan di jam tertentu. Meski begitu, tetap saja volume kendaraan membludak, bahkan hingga viral di jagat maya.

Berita Terkait
hitlog-analytic