Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Terbaik 2023 Pilihan Wartawan Otomotif Indonesia

Booth Toyota di GIIAS 2023

100kpj - Forum Wartawan Otomotif, atau Forwot kembali menggelar ajang pemilihan mobil terbaik tahun ini, atau car of the year 2023. Tercatat ada 25 mobil yang bersaing di kelas mesin bahan bakar, hybrid, dan listrik murni.

Puluhan mobil tersebut merupakan keluaran terbaru yang dirilis periode 2022-2023, tentu dijual di pasar Indonesia oleh masing-masing produsen, atau distributor resminya, mulai dari brand Jepang, Eropa, China, dan Korea Selatan.

Ada sejumlah catatan yang menjadi tolak ukur penilaian dalam car of the year tahun ini, mulai dari spesifikasi mesin, teknologi atau fitur, desain, harga, layanan purna jual, atau aftersales, hingga penjual mobil tersebut sebagai bentuk diterimanya produk itu oleh masyarakat.

Proses penjurian melibatkan wartawan otomotif di Indonesia dari berbagai media nasional, hingga tersaring 5 kategori terbaik dari masing-masing kelas. Selanjutnya, hanya 21 juri yang melakukan penilaian dengan kredibilitas yang diperhitungkan, dan pernah mencoba mobil-mobil tersebut. 

"Seluruh juri telah menentukan pemenang Forwot cars of the years dengan memilih satu mobil terbaik dari tiga kategori yang dilombakan," ujar Ketua Dewan Juri Forwot Cars of The Year 2023, Mufrod, dikutip, Sabtu 23 Desember 2023.

Artinya pemilihan mobil terbaik itu dilakukan dengan ketat, dan profesional. Untuk 5 mobil terbaik kategori ICE (Internal Combassion Engine) didominasi SUV (Sport Utility Vehicle) kompak, yaitu Chery Omoda 5, All New Honda HR-V, Mitsubishi XForce, dan Wuling Alvez, hanya Hyundai Stargazer X sebagai perwakilan Low SUV.

Begitupun kategori HEV (Hybrid Electric Vehicle) ada All New Honda CR-V e:HEV, Suzuki Grand Vitara Hybrid, Suzuki XL7 Hybrid, Toyota Kijang Innova Hybrid, dan Wuling Almaz RS Hybrid.

Berita Terkait
hitlog-analytic