Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Orang Kaya Gak Bisa Macem-macem Pakai Pelat Nomor Khusus, Bisa Dilapor Warga dan Ditangkap

Plat nomor TNI palsu

100kpj – Kapolda Metro Jaya mengamankan sejumlah penjual pelat nomor khusus palsu, yaitu berinisial YY (45), HG (46), dan PAW (36). Mereka menjual pelat dinas polri, dan TNI kepada orang-orang kaya puluhan juta rupiah. 

Selama beroperasi mereka sudah menjual 18 STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), dan pelat khusus palsu, sebagian besar konsumennya adalah orang-orang tajir yang kerap menggunakan mobil mewah.

Toyota Fortuner plat nomor polisi

Diregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, harga STNK dan pelat nomor palsu yang mereka jual Rp55 juta. Artinya sudah ratusan juta rupiah yang dikantongi dari hasil identitas palsu kendaraan itu.

Untuk mentertibkan orang-orang kaya yang rela merogoh kocek untuk beli pelat nomor khusus palsu tersebut, pihak kepolisian meminta warga agar mengirimkan foto mobil mewah berpelat dinas polri, atau TNI, serta berkode ZZ.

Artinya jika menemukan di jalan ada kejanggalan mobil-mobil mewah pakai pelat nomor khusus tersebut, maka masyarakat berhak melaporkan kepada petugas kepolisian untuk ditindak lanjuti.

“Silahkan masyarakat ambil foto, laporkan ke kami atau bikin pengaduan. Kami kejar, dan lakukan penangkapan,” ujar Brigjen Pol Yusri Yunus kepada wartawan, dikutip, Kamis 21 Desember 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic