Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Toyota Avanza di Indonesia Terlibat Skandal Uji Keselamatan, Ini Daftar Model Lainnya

All New Avanza dan All New Veloz
Sumber :

100kpj – Skandal uji keselamatan mobil Daihatsu, dan Toyota secara global terdampak pada sejumlah model yang dijual di RI. Salah satunya All New Avanza-Veloz yang dibuat PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan Toyota Avanza dan Veloz generasi terbaru pada November 2021. Hingga kini model tersebut masih menjadi tulang punggungnya di pasar domestik.

Toyota New Avanza

Mobil yang meramaikan ceruk pasar Low MPV (Multi Purpose Vehicle) itu bukan hanya diproduksi TMMIN, namun PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai aliansinya juga turut membantu pembuatan mobil tersebut.

Bukan hanya dijual di dalam negeri, namun Avanza-Veloz di ekspor ke sejumlah negara. Di balik karirnya yang cemerlang sebagai mobil sejuta umat, ternyata produk tersebut ikut tersandung kasus skandal uji keselamatan.

Hal itu terungkap saat Daihatsu Motor Co,Ltd menerima hasil investigasi komite pihak ketiga independent yang ditugaskan mengenai penyimpangan prosedur yang dilaporkan kepada Toyota Motor Corporation.

Dalam investigasi yang berjalan sekitar 8 bulan di tahun ini ditemukan kejanggalan baru pada 174 item dalam 25 kategori uji tabrak, termasuk mengakali uji tabrak dari bagian samping, dan mengganti lapisan pintu.

Berita Terkait
hitlog-analytic