Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Toyota Terbukti Curang saat Uji Keselamatan, Termasuk Mobil di Indonesia

Yaris Cross Hybrid di TMMIN
Sumber :

100kpj – Toyota dan Daihatsu terbukti berbuat curang dalam proses uji keselamatan mobil buatannya secara global. Ada sejumlah mobil yang terlibat dalam skandal tersebut, termasuk beberapa model di pasar Indonesia.

Daihatsu Motor Co., Ltd telah menerima hasil investigasi komite pihak ketiga independent mengenai penyimpangan prosedur yang dilaporkan kepada Toyota Motor Corporation, Rabu 20 Desember 2023.

Daihatsu Rocky Hybrid

Hasil investigasi tersebut menemukan kejanggalan baru pada 174 komponen dalam 25 kategori uji keselamatan, termasuk bahan bodi pintu yang dimanipulasi ketika uji tabrak dari bagian samping pada Mei 2023.

Tercatat ada total 64 model, dan 3 mesin yang saat ini masih diproduksi, dikembangkan, hingga tidak lagi diproduksi, termasuk 22 model dan satu mesin yang dijual oleh Toyota secara global, termasuk di pasar Indonesia.

“Kami ingin menyampaikan permintaan maaf yang tulus atas ketidaknyamanan, dan kekhawatiran yang ditimbulkan kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk pelanggan,” tulis keterangan resmi Toyota Global, dikutip, Kamis 21 Desember 2023.

Adanya penemuan tersebut membuat Daihatsu dan Toyota menghentikan sementara pengiriman semua model yang tersandung dalam skandal keselamatan tersebut, baik untuk pasar Jepang atapun di negara lain.

Berita Terkait
hitlog-analytic