Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fitur ESP Bikin Mengendarai Mobil Lebih Aman saat Musim Hujan, Begini Cara Kerjanya

Suzuki Grand Vitara
Sumber :

100kpj –  Pada mobil keluaran terkini dibenami fitur-fitur keselamatan yang cukup canggih. Salah satunya adalah fitur Electronic Stability Program (ESP) yang ternyata bisa membuat berkendara lebih aman saat musim hujan seperti saat ini.

Fitur tersebut punya peran signifikan untuk menjaga mobil tetap stabil dan memberi kontrol lebih pada pengemudi dalam kondisi berbahaya. Seperti disampaikan Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales.

“Fitur ESP ini sangat penting peranannya dalam menjaga keselamatan saat berkendara. Di jalan banyak ditemui kejadian tidak terduga, terlebih pada saat hujan. Dengan membiarkan fitur ESP aktif, pengemudi dapat lebih rileks saat mengemudi karena ESP akan berperan cepat mendeteksi kondisi perjalanan dan manuver mobil, " ujar Hariadi, dalam keterangan resminya, Jumat 8 Desember 2023.

Fitur ESP pada mobil Suzuki

"Secara otomatis (ESP) akan melakukan koreksi dari sistem pengereman maupun kestabilan jika diperlukan untuk mendapatkan traksi terbaik yang memberikan rasa aman bagi pengemudi," lanjutnya.

Beberapa mobil Suzuki telah dilengkapi oleh fitur ESP, seperti Grand Vitara, New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, Baleno, Jimny, Ignis hingga S-Presso. Secara detail apa sih ESP itu?

Secara umum, ESP merupakan sebuah sistem keselamatan aktif yang dirancang untuk membantu menjaga stabilitas saat menikung jika roda depan atau roda belakang tergelincir, serta mempertahankan traksi pada saat terjadi percepatan pada permukaan jalan yang tidak rata atau licin.

Berita Terkait
hitlog-analytic