Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Baterai Mobil Listrik Buatan Indonesia-Australia Siap Beredar Secara Global

Mobil listrik Honda di charging station
Sumber :

100kpj – Ambisi Indonesia menjadi raja kendaraan listrik sepertinyaakan terwujud, satu per satu negara mulai setuju untuk menerima impor baterai kendaraan listrik buatan lokal, setelah Amerika Serikat, kini giliran Australia.

Saat kunjungan ke Jakarta, Menteri Industri dan Ilmu Pengetahuan Australia, Ed Husic telah menandatangani nota kesepahaman, alias MoU untuk mekanisme kolaborasi kendaraan listrik dengan Indonesia.

Baterai mobil listrik Hyundai

Kesepakatan tersebut disaksikan Menteri Koordinator Ad Interim Bidang Kemaritiman dan Investasi Erick Thohir. Kedua negara ingin saling menguntungkan dalam bidang manufaktur baterai, proses mineral, dan aspek lain. 

“Australia dan Indonesia menyadari potensi luar biasa dari kendaraan listrik, dan manufaktur baterai, dan itulah mengapa pengumuman hari ini sangat menarik,” ujar Ed Husic dikutip dari keterangan resmi Kedutaan Australia di Indonesia, Senin 27 November 2023.

Berdasarkan pengaturan mekanisme tersebut, kedua negara akan bekerja sama dalam memetakan rantai pasokan kendaraan listrik, melakukan studi ilmiah dan penelitian bersama, serta membina hubungan bisnis-ke-bisnis yang baru.

“Dengan berkolaborasi dalam menumbuhkan rantai pasokan energi bersih yang kuat dan beragam, kedua negara dapat memajukan kepentingan ekonomi bersama serta hubungan perdagangan dan investasi,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic