Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ratusan Ribu Mobil Diblokir Pertamina, Gak Bisa Isi Pertalite Lagi

Isi bensin Pertamax Turbo di SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj - Berbagai cara dilakukan pemerintah menekan impor minyak fosil, salah satunya membatasi penggunaan bahan bakar bersubsidi yang tidak tepat sasaran. Yaitu melalui revisi Peraturan Presiden 191 tahun 2014 soal pembatasan penggunaan Pertalite.

Sebelumnya masyarakat perlu mendaftar kendaraannya di aplikasi My Pertamina untuk mendapatkan barcode, atau tanda bahwa kendaraan itu berhak mendapatkan bahan bakar dengan kandungan RON 90 tersebut.

SPBU Pertamina

Namun karena tidak semua pemilik mobil, atau motor mendaftar di aplikasi tersebut, akhirnya setiap kendaraan yang melakukan pengisian Pertalite di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) Pertamina, sampai saat ini dicatat oleh petugas.

Sejak kedua cara itu dilakukan, PT Pertamina Patra Niaga mengumumkan sudah ada ratusan mobil pribadi, atau kendaraan yang diblokir karena tidak sesuai kriteria untuk mendapatkan bahan bakar subsidi tersebut.

"Hingga saat ini Pertamina telah memblokir hampir 232 ribu kendaraan se-Indonesia karena ketidakcocokan data antara di My Pertamina dengan di Korlantas Polri maupun di Samsat," ujar Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan dikutip Antaranews, Kamis 23 November 2023.

Lebih lanjut Riva menjelaskan ada sebagian kendaraan yang datanya tidak sesuai. Hal itu dilakukan oleh sejumlah oknum yang berusaha tetap mendapatkan Pertalite, namun mereka pakai data kendaraan lain sehingga tidak sesuai legalitasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic