Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Petinggi Mobil Listrik Toyota Kagum Sama BYD, Mau Pensiun Tinggal di China

Takero Kato President Factory BEV Toyota

100kpj – China menjadi negara paling banyak melahirkan kendaraan listrik dengan sumber daya alam yang memadai untuk pembuatan baterai, dan keperluan lainnya. Salah satu merek ternama dari negara itu adalah BYD.

Build Your Dream, atau BYD didirikan Wang Chuanfu pada 1995 bermarkas di Shenzhen, Guangdong, China. Memasuki 2003 jenama asal tirai bambu itu mulai produksi kendaraan setelah mengakuisisi Qinchuan Automobile Company.

Toyota bZ3 mobil listrik kolaborasi BYD

Sebelumnya perusahaan itu memang meracik baterai, dan panel surya, hingga akhirnya melebarkan sayap dengan produksi kendaraan listrik yang meliputi mobil pribadi, bus, truk, sepeda listrik, hingga alat berat seperti forklift.

Di Indonesia meski belum resmi hadir, namun beberapa produknya sudah digunakan oleh sejumlah perusahaan, tercatat ada dua model sebagai armada taksi Blue Bird, dan bus listrik TransJakarta yang dirakit PT VKTR.

Saat ini BYD berkolaborasi dengan sejumlah brand, salah satunya Toyota Motor Company untuk pengembangan mobil listrik di China, diawali dari Toyota bZ3 yang masih berjalan sampai saat ini.

Di tengah kerja sama tersebut, petinggi pabrik mobil listrik Toyota melakukan kunjungan ke markas BYD, dan dia kagum melihat pertumbuhan industri otomotif Tiongkok, terutama di era ramah lingkungan saat ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic