Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Wajib Kendaraan Listrik, PLN Bikin Penukaran Baterai dan Charging Station di IKN

Ultra fast charging PLN
Sumber :
PLN

100kpj – Ibu Kota Negara, atau IKN Nusantara masih dalam proses pembangunan. Hanya kendaraan listrik yang bisa beroperasi di Ibu Kota baru penggati DKI Jakarta itu, seperti motor, mobil pribadi, hingga transportasi umum.

“80 persen akan menggunakan transportasi publik kendaraan listrik dan penghuninya 100 persen harus menggunakan kendaraan listrik,” ujar Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Untuk mendukung operasional, atau mobilitas kendaraan listrik di IKN, maka PT PLN (Persero) mendirikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), dan tempat penukaran baterai kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, menghadirkan listrik untuk Ibu Kota baru, tetap harus bersih. Sejalan dengan target netralitas karbon pada 2060 untuk memanfaatkan energi terbarukan.

“Karena IKN ini akan menjadi kota futuristis, di mana semua moda transportasi yang digunakan harus ramah lingkungan maka kami siap mendukung kebutuhan infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan listrik,” ujar Darmawan dikutip keterangannya, Senin 20 November 2023.

Adapun fasilitas tambahan yang didirikan perusahaan listrik negara itu berupa 19 SPKLU di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan pada 2024, dan selebihnya disediakan di kota-kota penyangga, seperti Balikpapan, dan Samarinda.

Sebelumnya diklaim sudah ada 9 SPKLU di Kalimatan Timur, dan Kalimantan Utara. Setelah itu akan terus bertambah sampai tahun depan, dalan keterangannya dijelaskan sampai 2024 akan ditambah mencapai 31 SPKLU.

Berita Terkait
hitlog-analytic