Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dua Mobil Listrik MG Resmi Bakal Dirakit di Cikarang Mulai Februari 2024

Mobil New MG ZS EV

100kpj –  MG Motor Indonesia secara resmi mengumumkan bahwa mobil listrik MG ZS EV akan menjadi rakitan lokal pertamanya, Rabu 15 November 2023. Mobil tersebut dirakit secara CKD (Completely Knocked Down) di fasilitas perakitan milik SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik tersebut direncanakan beroperasi penuh pada Februari 2024. Adapun kapasitas produksinya mencapai 100 ribu unit per tahun dan MG ZS EV bakal menjadi mobil pertama yang diproduksi di pabrik ini, disusul MG 4 EV.

"Ini merupakan langkah penting bagi kami dan industri otomotif Indonesia. New MG ZS EV tidak hanya membawa inovasi, tetapi juga membuka bab baru dalam elektrifikasi kendaraan di negara kita," ujar Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia.

Pabrik mobil listrik MG di Cikarang

"New MG ZS EV dirancang dengan teknologi canggih dan desain yang sesuai dengan gaya hidup modern, khususnya bagi generasi milenial yang peduli terhadap lingkungan," lanjutnya.

MG mengungkapkan bahwa produksi mobil itu menggunakan robotika modern dan sistem manajemen produksi berbasis AI untuk efisiensi produksi yang unggul. Pabrik juga dirancang mematuhi standar lingkungan internasional, dengan inisiatif seperti penggunaan energi terbarukan dan pengelolaan limbah nol.

Lebih lanjut, MG juga berkomitmen mencapai 40% kandungan lokal di awal operasi, dengan target meningkat hingga 60% di tahap selanjutnya. Ada juga program pelatihan tenaga kerja yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan di bidang manufaktur dan teknik otomotif.

Berita Terkait
hitlog-analytic