Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Presiden Jokowi Lobi Presiden Amerika Joe Biden Bikin Baterai Kendaraan Listrik

Presiden Jokowi Naik Chevrolet Suburban di Amerika Serikat

100kpj – Nikel menjadi salah satu bahan baku baterai kendaraan listrik. Tidak heran jika Indonesia sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia berambisi menjadi pemain utama di era elektrifikasi tersebut.

Selain mengundang sejumlah brand untuk berinvestasi membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri, Presiden Jokowi juga mengatur strategi dengan Amerika Serikat terkait pemanfaatkan nikel tersebut.

Baterai buatan Toyota Indonesia

Kedatangan Jokowi ke Amerika Serikat bukan sekadar menyampaikan hasil Konfrensi Tingkat Tinggi, atau KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dari Arab Saudi, namun kabarnya ada pembahasan terkait nikel bersama Joe Biden.

“Amerika Serikat dan Indonesia pada hari Senin akan membahas cara memajukan kemitraan mineral potensial yang bertujuan untuk merangsang perdagangan nikel logam baterai kendaraan listrik,” tulis keterangan salah satu sumber, dilansir Reuters, Senin 13 November 2023.

Sebelumnya Presiden Jokowi menawarkan langsung kepada Amerika Serikat, untuk memasok kebutuhan baterai kendaraan listrik, saat sesi pertemuannya dengan Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris di sela-sela acara KTT Asean di Jakarta Convention Center, Senayan.

Melalui kebijakan Inflation Reduction Act (IRA), Jokowi menyampaikan harapannya agar dapat memfasilitasi peluang untuk berkolaborasi dengan seluruh pihak khususnya bagi negara mitra Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) guna memanfaatkan subisidi hijau untuk mineral kritis.

Berita Terkait
hitlog-analytic