Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Moeldoko Pastikan VinFast Bangun Pabrik Mobil Listrik di RI, Nilai Investasinya Rp18 Triliun

Kepala Staff Presiden, Jendral Moeldoko
Sumber :

100kpj – VinFast siap bangun pabrik mobil listrik di Indonesia dengan nilai investasi triliunan rupiah. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko memastikan merek mobil buatan Vietnam itu menancapkan kuku bisnisnya di RI.

“VinFast salah satu perusahaan EV besar sudah ekspor ke Eropa, dan Amerika. Dia akan buat pabrik mobil listrik, bisa saja nanti ekosistem terbentuk di sini,” ujar Moeldoko kepada wartawan, dikutip, Senin 6 November 2023.

VinFast

Nilai investasi VinFast di Indonesia mencapai 1,2 miliar dollar Amerika Serikat, atau setara Rp18 triliunan, yang digelontorkan secara bertahap untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri.

“Ini Vietnam akan masuk, 1,2 bilion, dan secepatnya akan bangun (pabrik) di sini,” tuturnya.

Angka investasi yang disampaikan Moeldoko serupa dengan bocoran yang diumumkan VinFast dalam bursa saham di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, terkait rencana panjang bisnisnya secara global.

Melalui laporan pengajuan F-1 ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat, nilai investasi VinFast untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat manufakturnya di tahap pertama 200 juta dollar, atau setara Rp3 triliun.

Berita Terkait
hitlog-analytic