Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pengamat Sebut Tilang Uji Emisi di November Gak Efektif Tekan Polusi Jakarta

Uji emisi gratis di bengkel Daihatsu
Sumber :

100kpj – Melakukan tilang kepada kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi dianggap menjadi solusi menekan polusi udara di Jakarta. Jika sebelumnya sudah dihentikan, November tilang uji emisi kembali berlaku. 

Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemrov DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan, tilang uji emisi yang rencananya diterapkan bulan depan dibeberapa lokasi sudah koordinasi dengan Ditlantas.

“Kemarin sempat dihentikan karena fokus memberikan akses seluas mungkin, memberikan akses masyarakat ikuti uji emisi. Sekarang setelah sekian lama dianggap sudah cukup jadi tilang akan kembali diberlakukan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat transportasi dan peneliti senior dari Masyarakat Transportasi Indonesia, Revy Petragradia menilai bahwa tilang uji emisi di bulan depan tidak akan efektif untuk menekan polusi udara.

“Ini kebijakan reaktif yang menurut saya efektivitasnya mungkin akan sangat rendah dibandingkan apabila kita membuat programnya secara komprehensif, dan integratif,” ujar Revi dilansir Antaranews, Selasa 10 Oktober 2023.

Menurutnya, seharusnya pemerintah sudah memiliki rancangan besar untuk mengawasi emisi dari kendaraan bermotor. Yaitu dimulai dari awal, di mana saat proses masyarakat memutuskan untuk beli kendaraan tersebut di diler.

“Bagaimana yang namanya program pengontrolan terhadap emisi itu dilakukan dari awal, mulai dari pembelian kendaraan di showroom, ataupun kerja sama dengan bengkel resmi. Sehingga jika ada pengecekan, akan ada buktinya,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic