Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga Honda HR-V Naik Makin Mahal, Gimana Yaris Cross, XForce, dan Grand Vitara?

All New Honda HR-V RS Turbo
Sumber :

100kpj – Pertarungan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) kompak di Indonesia semakin sengit, terutama merek buatan Jepang. Saat ini ada 4 brand terjun di kolam yang sama, dengan menawarkan spesifikasi, dan harga saling bersaing.

Sebelumnya SUV 5-penumpang bermesin 1.500cc hanya Honda HR-V. Kini segmen tersebut sudah cukup ramai, karena ada 3 model pendatang baru, yaitu Toyota Yaris Cross, Suzuki Grand Vitara, dan Mitsubishi XForce.

All New Yaris Cross

Dari keempat produk tersebut, HR-V sebagai pemain lama menjadi mobil termahal di kelasnya. Bahkan memasuki Oktober 2023, diam-diam PT Honda Prospect Motor sebagai produsen kembali mengkerek harganya.

Melansir website Honda Indonesia, Rabu 4 Oktober 2023, sebelumnya tipe terendah HR-V generasi terbaru Rp375,900 juta, kini naik Rp1,9 juta, dan varian tertingginya yang sudah mencapai setengah miliar lebih, harganya kembali dinaikkan Rp2,7 juta.

Sedangkan jika melihat mobil sekelasnya, seperti Yaris Cross, Grand Vitara, dan XForce sampai berita ini diterbitkan masih mempertahankan harga lama, atau belum ada kenaikkan.  

Ada beberapa faktor yang membuat produsen harus mengkerek harga produknya, diantaranya kenaikkan upah minum pekerja pabrik, perubahan kebijakan seperti PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah), kenaikkan bahan baku, dan lain-lain.

Berita Terkait
hitlog-analytic