Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebelum Meninggal Soebronto Laras Sempat Singgung Pemerintah soal Mobil Listrik

Soebronto Laras
Sumber :

100kpj – Tokoh otomotif, Soebronto Laras meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, sekitar pukul 20.00 WIB, Rabu 20 September 2023. Sebelumnya Komisaris Indomobil Group itu sempat singgung era mobil listrik.

Mengingat komponen yang digunakan kendaraan listrik lebih sedikit, maka menurut Bapak Suzuki Indonesia itu pemerintah perlu mencari solusi nasib pabrik kendaraan berbahan bakar yang sudah berdiri di Tanah Air.

Soebronto Laras

"Di Cikarang 150 ribu, di Tambun 150 ribu (pabrik Suzuki) ini mau diapain. Sekarang mobil listriknya yang dibikin paling cuma berapa ribu unit,” ujar menantu Jenderal Ahmad Yani itu beberapa bulan lalu.

Salah satu founder Indomobil Group itu mengaku, sudah jatuh bangun menyokong perkembangan pabrik motor, dan mobil Suzuki bermesin bahan bakar di Indonesia selama 50 tahun. 

Sehingga banyak pertimbangan jika harus beralih ke kendaraan listrik tanpa investasi baru dari pihak eksternal. Oleh sebab itu, saat ini Suzuki hanya membuat mobil mild hybrid di dalam negeri, melalui XL7 dan Ertiga. 

"Kita tinggal tunggu saja maunya pemerintah apa? Kalau paling cepat yah 2-3 tahun, belum lagi soal komponen yang akan terancam,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic