Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ekspor Yaris Cross Hybrid Buatan Indonesia ke Meksiko Terganjal Aturan Ini

Toyota Yaris Cross mulai masuk Thailand
Sumber :

100kpj – Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan All New Toyota Yaris Cross. SUV 5-penumpang itu punya desain, dan spesifikasi berbeda dengan versi sebelumnya yang dijual di Jepang, dan Thailand.

Yaris Cross generasi kedua diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. SUV kompak tersebut bukan hanya dijual untuk pasar domestik, namun juga di ekspor.

Toyota Yaris Cross Hybrid

Bahkan penjualannya ke luar negeri sudah dilakukan sejak Juni 2023, artinya hanya selisih satu bulan setelah diluncurkan. Yaris Cross baru yang di ekspor tersedia dua varian, yaitu versi mesin konvensional, dan hybrid.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang hadir saat ekspor perdana Yaris Cross mengatakan, SUV kompak itu akan dijual ke 25 negara, dengan nilai investasi triliunan rupiah untuk menciptakan varian hybrid.

"Investasi elektrifikasi Yaris Cross Rp2,5 triliunan, dan tentu kami berharap model elektrifikasi model kedua TMMIN ini akan memperoleh kesuksesan, seperti Innova Zenix baik domestik, atau pasar ekspor," ujar Menperin saat itu.

Dari puluhan negara yang menjadi target ekspor, masih ada yang terganjal aturan seperti halnya Meksiko. Mengingat Indonesia dengan negara itu tidak memiliki perjanjian perdagangan bebas, atau Free Trade Agreement (FTA).

Berita Terkait
hitlog-analytic