Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tahun Depan Baterai Mobil Listrik Hyundai Sudah Buatan Lokal

Ultra fast charging PLN
Sumber :
PLN

100kpj – Baterai menjadi komponen utama kendaraan listrik, untuk percepatan pembuatan baterai di dalam negeri Hyundai Motor Group telah bekerja sama dengan LG Energy Solution, dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Perusahaan milik negara tersebut adalah Indonesia Battery Corporation (IBC) yang merupakan anak usaha Pertamina untuk urusan produksi baterai dari hulu ke hilir, salah satunya memasok sel baterai untuk Hyundai.

Hyundai Ioniq 5

“Kita kerja sama dengan produsen terbesar dunia satu dari China, satu dari Korsel (Hyundai) kita kembangkan sisi pertambangan smeltering sampai pembuatan sel baterai,” ujar Direktur Utama IBC, Toto Nugroho di acara Indonesia Sustainability Forum, dikutip Jumat 8 September 2023.

Lebih lanjut Toto menjelaskan, sel baterai yang digunakan oleh Hyundai dan LG akan diluncurkan pertengahan tahun depan, kerena nilai investasinya sangat besar dari luar negeri untuk meracik baterai di Indonesia

Sementara Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia, Fransiscus Soerjopranoto, menyebut menjalin kolaborasi dengan suplier baterai bersama LG dan IBC memang membutuhkan investasi besar.

“Tapi sebenernya investasi total adalah sekitar 3 juta USD (Rp46 triliun),” tutur Soerjo.

Berita Terkait
hitlog-analytic