Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Roof Rail di Hyundai Stargazer X Ternyata Cuma Pemanis, Tak Bisa Menahan Beban

Hyundai Stargazer X
Sumber :

100kpj – Masuk dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV), Hyundai Stargazer X memiliki beberapa perbedaan dengan Stargazer versi MPV. Salah satunya adalah di bagian atap mobil dengan adanya roof rail.

Hadirnya roof rail biasanya untuk menambahkan aksesori seperti roof rack atau roof box guna menaruh barang jika tak cukup di bagasi. Sayangnya, roof rail pada Stargazer X tak bisa menahan beban berat.

Tertulis 'Do not apply load' atau jangan menaruhkan beban pada roof rail Stargazer X. Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia Bonar Pakpahan, akui jika itu hanya pemanis mobil saja dan tak dirancang menahan beban.

Roof Rail di Hyundai Stargazer X

"Terkait dengan roof rail yang ada di Stargazer X ada tulisan do not apply load itu hanya untuk garnish mempercantik keseluruhan jadi tidak dirancang untuk menerima beban," ucap Bonar pada wartawan saat media test drive Stargazer X di Yogyakarta, Selasa 29 Agustus 2023.

Walau begitu, dia mengungkapkan jika roof rail bawaan pabrik bisa dicopot dan menggantinya dengan keluaran aftermarket jika ingin membawa barang. Hyundai juga tak menutup kemungkinan akan lakukan penyempurnaan ke depannya pada roof rail tersebut.

"Karena garnish tersebut memang dirancang untuk tidak dibeban. Jadi kalau mau pakai roof rail itu harus dicopot dulu mekanisme seperti apa nanti izinkan saya untuk kembali lagi (menjelaskan) ke Anda," pungkasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic