Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pertamina Siapkan BBM Etanol Pertamax Green 92 Pengganti Pertalite

BBM Pertamax Green 95 di SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj - Pertalite akan dihapus Pertamina mulai tahun depan, nantinya pengganti bahan bakar minyak (BBM) subsidi itu adalah Pertamax Green 92, yang merupakan campuran etanol dengan minyak fosil.

Menghilangkan Pertalite dengan kandungan RON 90 itu sesuai aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait angka minimum kandungan oktan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

SPBU Pertamina yang menjual BBM Pertamax Green 95

"BBM subsidi kita naikkan dari RON 90 ke RON 92, karena aturan KLHK oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91," ujar Direktur Utama Pertama Nicke Widyawati, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu 30 Agustus 2023.

Berbeda dengan Pertamax Green 95 yang dirilis Pertamina pada bulan lalu, di mana campuran etanol dari sari tebu hanya 5 persen, namun di Pertamax Green 92 campuran etanolnya mencapai 7 persen.

Pergantian BBM subsidi tersebut dinilai lebih ramah lingkungan, selain mengurangi pemakaian minyak fosil sebagai bahan baku utama, namun menekan emisi gas buang dengan kandungan oktan yang lebih tinggi karena pembakaran yang lebih baik.

Nicke meminta agar pajak cukai etanol saat proses impor dibebaskan untuk melancarkan pembuatan Pertamax Green 92 di tahun depan sebagai pengganti Pertalite. Mengingat etanol menjadi bahan baku utama pembuatan minuman alkohol.

Berita Terkait
hitlog-analytic