Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Guru Besar ITB Ungkap Cara Menekan Polusi di Jakarta Akibat Kendaraan Bermotor

Tips biar lolos saat uji emisi
Sumber :

100kpj – Polusi udara di Jakarta sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat. Kendaraan bermotor bermesin bahan bakar menjadi penyumbang salah satu biang kerok karena emisi karbon yang dihasilkan.

Berbagai cara sudah dilakukan untuk menurunkan polusi, diantaranya membuat hujan buatan, menyiram beberapa ruas jalan, hingga memberlakukan bekerja di rumah untuk mengurangi jumlah kendaraan.

Uji Emisi

Meski semua itu sudah dilakukan, berdasarkan situs indeks kualitas udara IQAir, Senin 28 Agustus 2023, kondisi udara di Jakarta masih masuk kategori tidak sehat dengan angka 160.

Menurut sudut pandang Guru Besar Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB), Puji Lestari ada beberapa solusi untuk menurunkan emisi pada sektor transportasi yang menjadi penyumbang utama polusi di Jakarta.

“Kami sudah pernah meneliti, dan mengecek efek penurunan emisinya,” ujar Puji Lestari dikutip Antaranews, Senin 28 Agustus 2023.

Pertama adalah meningkatkan standarisasi kadar emisi seperti yang sudah dilakukan dengan mengacu pada EURO4. Ada beberapa penyesuaian komponen pada saluran pembuangan, hingga di mesin, dan kuaitas bahan bakar.

Berita Terkait
hitlog-analytic