Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gaikindo Sebut Penyumbang Polusi Udara Bukan Cuma Mobil

Ilustrasi polusi udara di DKI Jakarta
Sumber :

100kpj – Polusi udara yang makin memburuk di daerah Jakarta dan sekitarnya menjadi sorotan saat ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menepis anggapan bahwa cuma mobil yang jadi penyebabnya.

Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi, mengingatkan bahwa penghasil polusi bermacam-macam bukan hanya kendaraan bermotor dalam hal ini mobil. Tapi, juga ada seperti pabrik-pabrik.

"Polusi itu kan sebetulnya ceritanya cukup panjang jadi polusi itu bisa bermacam-macam karena yang menghasilkan polusi bukan mobil doang tapi yang namanya sepeda motor juga dan pabrik-pabrik juga," kata Nangoi di ICE BSD City, beberapa waktu lalu.

Pemerintah sendiri sudah membuat aturan mengenai emisi yang saat ini tertuang dalam Euro 4, yaitu standar emisi gas buang bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Di mana, emisi gas buangnya harus lebih bersih.

Ilustrasi polusi udara

"Saat ini kita sudah masuk Euro4, nah Euro4 ini tentunya mobilnya harus siap bahan bakarnya juga harus siap kemudian perawatan mobilnya itu juga harus berjalan dengan baik, karena kalau enggak, ya enggak bisa berjalan dengan baik," paparnya.

Sepanjang gelaran GIIAS 2023 sendiri, antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik cukup baik. Namun, saat ini kendaraan listrik berbasis baterai belum bisa dijadikan sebagai solusi tunggal untuk permasalahan polusi.

Berita Terkait
hitlog-analytic