Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengungkap Asal-usul Pabrik yang Bikin Mobil Hyundai, Chery, dan Neta di Indonesia

Chery Omoda 5 siap produksi
Sumber :

100kpj – PT Handal Indonesia Motor (HIM) merupakan pabrik perakitan mobil yang berlokasi di Pondok Unggu, Bekasi, Jawa Barat. Ada 3 brand yang memanfaatkan pabrik tersebut, yaitu Hyundai, Chery, dan Neta.

Bambang Trihatmodjo merupakan salah satu pemilik pabrik tersebut, awalnya hanya digunakan melahirkan mobil-mobil Hyundai. Tidak ada informasi masih dikendalikan putra mantan Presiden Soeharto itu, atau tidak. 

Mobil listrik Neta V di Pelabuhan

Namun dalam struktur perusahaan, Jongkie D, Sugiarto sebagai Wakil Komisaris Utama PT HIM, dan Presiden Direktur PT HIM, Denny Siregar yang memiliki posisi serupa di jaringan diler Hyundai, atau Hyundai Mobil Indonesia. 

“Kalau kepemilikan saya tidak bisa bicara, tapi yang jelas pak Jongkie Komisaris Utama,” ujar salah satu sumber 100kpj yang enggan dicantumkan namanya, Selasa 8 Agustus 2023.

Merangkum beberapa sumber, Jongkie merupakan Presiden Direktur Pro Motor atau jaringan diler mobil Mercedes-Benz, dia juga menjabat sebagai Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Lebih lanjut dia menjelaskan, sampai saat ini pabrik masih menjalankan perakitan mobil Hyundai untuk kebutuhan ekspor, dan beberapa model Chery untuk pasar Indonesia, ditambah Neta yang baru bergabung.

Berita Terkait
hitlog-analytic