Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cuma Butuh 1 Menit Lebih Untuk Melahirkan Toyota Yaris Cross Hybrid

Yaris Cross Hybrid di TMMIN
Sumber :

100kpj - All New Yaris Cross debut global di Indonesia, sejak 15 Mei 2023. Toyota Yaris Cross generasi terbaru itu berbeda dengan versi Jepang, dan Thailand yang sudah dijual sejak beberapa tahun lalu.

Toyota Yaris Cross diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang Plan 2, Jawa Barat. Termasuk perakitan baterainya untuk versi hybrid, yang secara total kandungan lokalnya mencapai 80 persen.

Toyota Yaris Cross Hybrid

Dalam pengembangan Yaris Cross Hybrid, Toyota Indonesia telah melibatkan hingga 12 supplier baru. Sehingga total terdapat 116 supplier yang turut menyumbangkan nilai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri).

"Produksi Yaris Cross di plan 2 take time 1,6 menit, atau 500 unit per hari (250 unit per shift atau 8 jam) termasuk 3 model (termasuk Veloz, Calya)," ujar Direktur Manufaktur PT TMMIN, I Nyoman Winaya di Karawang, Kamis 27 Juli 2023.

Untuk mengetahui proses produksi Yaris Cross di TMMIN, 100kpj mendapatkan kesempatan untuk melihat beberapa langkah perakitan yang dilakukan belum menjadi mobil, hingga siap didistribusikan.

Berawal dari Press Shop, lokasi itu digunakan untuk membentuk tumpukan plat baja, hingga menjadi pintu, kap mesin, dan beberapa part eksterior lainnya. Menggunakan sejumlah mesin press berteknologi robotik.

Berita Terkait
hitlog-analytic