Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Mobil-mobil yang Gampang dan Paling Susah Dibobol Maling

Ilustrasi setir mobil.
Sumber :

100kpj – Baru-baru ini, para peneliti di bidang otomotif asal Inggris mengadakan riset terkait sistem keamanan mobil. Mereka memilih beberapa model kenamaan asal Eropa, seperti Audi TT RS Roadster, Land Rover Discovery Sport, dan juga BMW X3. Ketiganya memiliki fitur keamanan jenis keyless, alias tanpa anak kunci.

Meski fitur tersebut diklaim paling aman, namun nyatanya sistem mutakhir itu tetap bisa dibobol pencuri. Bahkan, laman Autocar, seperti dikutip Kamis, 15 Agustus 2019 memberitakan, untuk melakukan aksi tersebut para pembobol hanya memerlukan waktu sekian detik saja.

Kelompok peneliti asal Inggris itu memilih Audi TT RS Roadster sebagai percobaan pertama. Moda darat dengan teknologi keyless dan anti-theft motion sensor itu bisa dijebol hanya dalam waktu 10 detik. Rinciannya, lima detik untuk membuka pintu, dan lima detik untuk masuk ke dalam kabin.

Berikutnya, mereka melakukan hal sama terhadap Land Rover Discovery Sport. Saat pertama diluncurkan tahun lalu, mobil ini diklaim memiliki fitur keamanan kelas satu dengan penyematan teknologi bernama ultra wide band radio. Teknologi yang sama sering dijumpai di mobil lansiran Jaguar seri terbaru.

Namun embel-embel tersebut rupanya tak begitu berpengaruh terhadap tingkat keamanan kendaraan. Sebab, setelah peneliti melakukan replikasi radar sinyal, sistem yang disebut mutakhir itu bisa ditembus hanya dalam hitungan 30 detik saja.

Terakhir, mereka melanjutkan penelitian dengan mencoba fitur keamanan milik BMW X3. Hasilnya, para peneliti tersebut kesulitan membobolnya. Butuh sekurangnya satu menit untuk benar-benar bisa masuk ke dalam kabin.

Berita Terkait
hitlog-analytic