Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

6 tahun Wuling di RI, Lahirkan Banyak Inovasi Hingga Jual Mobil Ratusan Ribu Unit

50 unit Wuling Air ev untuk KTT Asean
Sumber :

100kpj – Wuling Motors, atau PT SGMW Motor Indonesia pertama kali menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia pada Juli 2017 lalu. Jenama asal China itu menjadi sorotan karena nilai investasi yang digelontorkan.

Demi bersaing di industri otomotif Tanah Air, dan menjadi salah satu pusat manufaktur untuk kebutuhan pasar global, Wuling Motors mengucurkan dana sebesar 700 juta dollar Amerika, atau setara Rp10 triliun.

Wuling Almaz RS dan New Wuling Cortez di IIMS

Dari angka tersebut sebagian digunakan untuk membangun pabrik yang menempati lahan seluas 60 hektar di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik itu produksi beberapa mobil Wuling untuk kebutuhan pasar domestik, dan ekspor.

Artinya jenama asal Tiongkok tersebut bukan sekadar numpang jualan di RI, namun membantu meningkatkan devisa negara melalui produk-produknya yang di ekspor ke sejumlah negara di belahan dunia.

Wuling Motors di awal kemunculannya memilih produk di segmen Low MPV, dengan mengandalkan Confero, dan Cortez. Hingga akhirnya muncul mobil komersial yang diberi nama Formo, dan SUV, yaitu Almaz, dan Alvez.

Bukan hanya menciptakan mobil bermesin bahan bakar, namun Wuling juga melahirkan kendaraan ramah lingkungan di pabriknya tersebut, melalui Almaz Hybrid, dan Air ev sebagai mobil listrik murni berbasis baterai.

Berita Terkait
hitlog-analytic