Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Alasan Toyota Yaris Cross Hybrid Memakai Baterai yang Beda dari Innova Zenix

All New Toyota Yaris Cross Hybrid
Sumber :

100kpj – Toyota telah meluncurkan beberapa mobil hybrid di Indonesia, seperti Toyota Yaris Cross Hybrid dan Kijang Innova Zenix. Akan tetapi, jika diperhatikan seksama kedua mobil tersebut memakai baterai yang berbeda, kenapa?

Pada Kijang Innova Zenix, Toyota memakaikan baterai nikel dan pada Yaris Cross Hybrid mengusung baterai lithium ion. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengungkapkan jika pemilihan baterai disesuaikan dengan kebutuhan.

"Sebenarnya penggunaan baterai nikel atau lithium ion tergantung spesifikasi dan kondisi dari mobilnya," ujar Anton saat ditemui di Kota Batu, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

First Drive Toyota Yaris Cross

Anton menyebutkan Presiden Direktur TAM, Hiroyuki Ueda, pernah menjelaskan penggunaan baterai lithium di Yaris Cross Hybrid menyesuaikan dengan mobilnya. Maka itu, berbeda dengan milik Innova Zenix.

"Karena All New Yaris Cross ukurannya lebih kecil dan juga mesinnya lebih kecil. Jadi membutuhkan bahan baku yang lebih ringan ya," lanjut Anton.

Jika menilik pada dimesinnya, Yaris Cross Hybrid memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.615 mm. Sementara Innova Zenix Hybrid memiliki dimensi panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm.

Berita Terkait
hitlog-analytic