Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sukses Ekspor 2 Juta Mobil Toyota, Orang RI Pertama di TMMIN Pensiun

Warih TMMIN
Sumber :

100kpj – PT Toyota Motor Indonesia Manufaturing, atau TMMIN merupakan pabrikan mobil Toyota di Tanah Air. Sudah banyak mobil-mobil Toyota yang dibuat sejak hadir pada 1971 silam, di awali dengan Kijang.

Puluhan tahun berkiprah di industri otomotif dalam negeri, TMMIN selalu dipimpin oleh orang Jepang sebagai negara asal brand tersebut. 

Anies Baswedan bersama Presiden Direktur PT TMMIN Warih

Memasuki 2017, Warih Andang Tjahjono menjadi orang RI pertama yang menjadi bos di perusahaan manufaktur itu. Sudah banyak prestasi yang didapatkan saat mengemban tugas sebagai Presiden Direktur TMMIN.

Diantaranya ekspor mobil Toyota sebanyak 2 juta unit secara utuh, berhasil menjual mobil Toyota buatan RI pertama ke Australia, dan produksi elektrfikasi melalui Kijang Innova Zenix Hybrid, dan Yaris Cross Hybrid. 

Setelah pencapaian tersebut, memasuki tahun keenam di masa jabatannya pria kelahiran Pati, Jawa Tengah itu pensiun. Menariknya tongkat estafet itu kembali diteruskan oleh orang Indonesia, bukan lagi Jepang.

Posisi Warih diigantikan Nandi Julyanto yang secara resmi per 1 Juli 2023, dan Bob Azam menjadi Wakil Presiden yang sebelumnya Direktur Administrasi, Corporate & Eksternal Affairs, Technical Govermment Affairs.

Berita Terkait
hitlog-analytic