Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Teknologi SHVS di Suzuki XL7 Hybrid Berhasil Menarik Perhatian Konsumen

Suzuki XL7 Hybrid
Sumber :

100kpj - Suzuki XL7 Hybrid merupakan Low SUV (Sport Utility Vehicle) paling canggih untuk saat ini. Mobil dengan kapasitas 7-penumpang itu sudah dibekali teknologi mild hybrid, atau SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Sistem kerja mil-hybrid tersebut serupa dengan Ertiga Hybrid. Alternator konvensionalnya diganti dengan ISG (Integrated Starter Generator), fungsinya untuk membantu kerja mesin dari putaran bawah.

Suzuki XL7 Hybrid

ISG mampu memberikan tenaga tambahan ke mesin dari kondisi mobil diam, sampai berjalan. Sehingga tidak menguras banyak bahan bakar ketika roda mulai bergerak, atau dalam kondisi stop and go.

Komponen pengganti alternator tersebut bergerak dengan bantuan listrik yang disalurkan dari aki berdaya 42 Ah. Aki kering itu juga punya tugas menghidupkan mesin, saat fitur engine auto start stop aktif.

Mesin 1.500cc miliknya akan mati otomatis di tengah kemacetan, atau berhenti di lampu merah selama pedal rem diinjak untuk transmisi matik. Sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang karena mesin idle.

Saat mesin mati, sistem kelistrikan di mobil tetap aktif berkat bantuan baterai Lithium-ion berdaya 10 Ah, lebih besar dari Ertiga Hybrid yang hanya 6 Ah. Dengan begitu sistem audio, lampu, power window, hingga AC tetap hidup.

Berita Terkait
hitlog-analytic