Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebelum Pertamax Green 95 Hadir, Semua Mobil Suzuki Bisa Tenggak Etanol

Suzuki Ertiga Hybrid di GIIAS 2022
Sumber :

100kpj - Pertamina bulan ini akan merilis bahan bakar minyak (BBM) baru dengan dari campuran etanol bernama Pertamax Green 95. Tahap pertama akan tersebar di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di Surabaya dan Jakarta.

Bahan bakunya berasal dari campuran Pertamax dan sari tebu sebesar 5 persen. Artinya BBM baru tersebut memang diperuntukkan bagi mesin bensin, bukan diesel seperti bio solar yang sudah lebih dulu dijual perusahaan minyak pelat merah tersebut.

Meski statusnya baru, tapi mobil-mobil Suzuki yang beredar di pasar Indonesia saat ini bisa menenggak etanol dengan angka toleransi yang sudah ditentukan.

Sehingga tidak masalah jika mobil Suzuki seperti Ertiga, XL7, Grand Vitara, Jimny, S-Presso, Ignis, hingga Carry pikap tenggak Pertamax Green 95.

"Sudah kompetible dengan E10 kami cantumkan dalam buku pemilik (semua mobil Suzuki di Indonesia)," ujar Marketing Direktur PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra di Yogyakarta, Jumat 7 Juli 2023.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansuri mengatakan, nama BBM baru Pertamina dengan campuran etanol itu adalah Pertamax Green 95. Soal kirasaran harganya ada di atas Pertamax RON 92, di bawah Pertamax Turbo RON 98.

“Kisaran Rp13.200 (per liter), inshallah dikisaran segitu,” ujar Pahala.

Berita Terkait
hitlog-analytic