Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Presiden Jokowi Berharap Tahun Depan Baterai Lithium-Ion Mobil Listrik Sudah Produksi Lokal

Presiden Jokowi dan Elon Musk di markas Tesla dan Space X

100kpj – Kendaraan listrik menjadi salah satu jawaban di dunia untuk menekan emisi gas karbon yang dihasilkan mesin pembakaran. Setiap pabrikan mulai gencar membuat produk ramah lingkungan tersebut.

Baterai yang digunakan mobil listrik terbentuk dari beberapa bahan dasar, diantaranya lithium-ion, nikel, metal, atau lainnya. Soal daya penyimpanan baterai disesuaikan dari kemampuan dinamo, dan desain kendaraan.

Baterai mobil listrik, Wuling Air ev

Beberapa perusahaan milik negara, atau swasta sudah berinvestasi untuk mendirikan pabrik pembuatan baterai di beberapa lokalisasi.

Mengingat baterai menjadi jantung utama kendaraan listrik, maka menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi setiap negara jika mampu membuat komponen penyimpan daya listrik tersebut.

Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan, ekosistem kendaraan elektrifikasi perlu dibangun untuk terintegrasi satu sama lain. Mulai dari nikel, tembaga, bauksit, dan timah untuk pembuatan baterai EV (Electric Vehicle).

Untuk mempercepat Indonesia menjadi raja kendaraan listrik karena memiliki bahan baku baterai, Jokowi baru saja meninjau pabrik tembaga, atau fasilitas pengolahan dan pemurnia (smelter) di KEK JIIPE Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Berita Terkait
hitlog-analytic