Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Isuzu Bakal Pindahkan Pabrik Truk dari Thailand ke Indonesia

Isuzu di GIIAS 2022
Sumber :

100kpj – Dalam kunjungan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan jajaran Isuzu Motors Ltd. di Tokyo pada Selasa 6 Juni 2023. Dalam pertemuan tersebut ada kabar baik dari Isuzu.

Menperin Agus mengungkapkan bahwa Isuzu akan memindahkan pabrik truk mereka dari Thailand ke Indonesia. Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada tahun 2019.

“Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang,” kata Agus Gumiwang, seperti disitat dari situs resmi Kemenperin, Kamis 8 Juni 2023.

“Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik,” tambahnya.

Selain itu, Menperin juga mengharapkan agar Isuzu dapat meningkatkan penggunaan komponen di dalam negeri pada proses perakitan. Salah satunya dengan mendorong jenis kendaraan yang masih dirakit menggunakan skema importasi Completely Knocked Down (CKD) agar diubah menjadi Incompletely Knocked Down (IKD).

Sedangkan untuk kendaraan yang sudah dirakit melalui skema importasi IKD, agar dapat meningkatkan penggunaan komponen dalam negerinya. Menperin juga mendorong untuk dapat memperluas pasar ekspor, khususnya ke Afrika.

Pabrik Isuzu Indonesia saat ini memproduksi kendaraan niaga Isuzu Traga yang diekspor ke berbagai negara, dengan pasar utama Timur Tengah dan Filipina. Menurut Niijima, Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi Isuzu, baik sebagai pasar maupun pusat produksi kendaraannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic