Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

All New Toyota Yaris Cross Buatan RI Siap Dijual ke Luar Negeri

All New Yaris Cross

100kpj - All New Toyota Yaris Cross yang hadir di RI, Senin 15 Mei 2023 merupakan produk lokal. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) kompak tersebut dibuat oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN, Bob Azam mengatakan, Toyota Yaris Cross terbaru bukan hanya diperuntukan di pasar domestik, namun akan di ekspor ke sejumlah negara dengan komponen lokal yang cukup tinggi.

Untuk kebutuhan pasar di dalam negeri, lebih lanjut Bob Azam menjelaskan produksi Yaris Cross baru 1.500 unit sampai 1.800 unit per bulan. Namun angka tersebut belum termasuk untuk kebutuhan pasar luar negeri.

"Ya karena itu belum ditambah ekspor. Itu tadi yg disampaikan domesik aja. Kita biasanya fifty fifty (jumlah ekspor dan domestik), secepatnya lah (ekspor)," ujarnya di Jakarta, Senin 15 Mei 2023.

Toyota Yaris Cross memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 80 persen, lebih tinggi dari Kijang Innova Zenix. Mengingat, mesin yang digunakan serupa dengan All New Avanza, atau Veloz terutama untuk versi konvensional.

"Iya karena enjin-nya sudah dibikin di sini, tinggal baterainya saja. Komposisinya cukup kecil (20 persen komponen baterai) karena kita pakai baterai hybrid 0,7 kWh. Tapi sebagian komponen sudah kita lokalisasi," tuturnya.

Toyota Yaris Cross generasi terbaru yang hadir di RI ditawarkan dalam dua pilihan jantung pacu, yaitu mengandalkan mesin 1.500cc berkode 2NR-VE serupa dengan Avanza dan Veloz yang menyemburkan tenaga 104,6 dk, dan torsi 138 Nm.

Berita Terkait
hitlog-analytic