Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pakai Mesin Baru, Jangan Kaget Lihat Harga Oli yang Cocok Untuk All New Daihatsu Ayla

Mesin Daihatsu Ayla terbaru
Sumber :

100kpj – All New Daihatsu Ayla yang dijual Maret 2023 mendapatkan perubahan signifikan. Mobil yang diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggunakan mesin baru.

Daihatsu Ayla baru disematkan dua pilihan mesin tiga silinder. Tipe terendah masih mengandalkan mesin lama, yaitu 998cc dengan kode 1KR-VE DOHC VVT-i bertenaga 67 PS di 6.000 rpm, dan torsi 89 Nm di 4.000 rpm.

Sedangkan tipe menengah ke atas pakai mesin baru 1.198cc berkode WA-VE DOHC Dual VVT-i, enjin yang serupa dengan Agya itu memiliki tenaga 88 PS di 6.000 rpm, dan torsi 113 Nm di 4.500 rpm. 

All New Astra Daihatsu Ayla

Kedua enjin tersebut didukung transmisi matik D-CVT, dan manual 5-percepatan, dengan penggerak roda depan. Lalu gimana dengan perawatannya?

Untuk mesin baru, oli yang dibutuhkan lebih encer dibandingkan dengan versi 1.200cc empat silinder yang sebelumnya. Mengingat, jarak antara komponen satu dengan yang lainnya dibuat lebih rapat.

R&D Product Planning Division Head PT ADM, Anjar Rosjadi mengatakan, semakin presisi enjin dalam sebuah kendaraan membutuhkan tingkat kekentalan oli yang rendah, agar bisa melumasi semua komponen.

Berita Terkait
hitlog-analytic