Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Huruf B di Transmisi Matik All New Ayla

All New Daihatsu Ayla
Sumber :

100kpj - All New Daihatsu Ayla yang dirilis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada beberapa bulan lalu, berubah total. Mobil yang meramaikan ceruk pasar LCGC itu menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Selain menggunakan rancang bangun terbaru yang serupa dengan All New Toyota Agya, atau Perodua Axia, Daihatsu Ayla generasi kedua disematkan mesin baru, dan transmisi matik jenis D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission).

Transmisi matik All New Daihatsu Ayla

Uniknya, transmisi matik pada umumnya memiliki indikator huruf P, N, D, S, L, atau angka 1 dan 2 di dekat konsol perseling, namun di Daihatsu Ayla terbaru huruf L atau low gear digantikan menjadi B. Lalu apa bedanya?

R&D Product Planning Division Head PT ADM, Anjar Rosjadi mengatakan, secara fungsi huruf L atau B tidak ada perbedaan, sama-sama untuk menandakan bahwa tuas transmisi matik sedang berada di gigi rendah.

"Kalau down hill buat menahan, jadi B itu artinya Brake dalam istilah transmisi. Turunan terjal pakai B lebih aman, dan efektif mobil tidak meluncur bebas," ujar di Yogyakarta, Kamis 11 Mei 2023.

Berbeda dengan transmisi manual, saat pakai gigi rendah semisal gigi satu, atau dua namun posisi jalanan turunan terasa engine brake yang kasar, atau laju mobil agak tertahan. Sedangkan gigi rendah di matik hanya sekadar menahan laju mobil dengan cara lebih halus. 

Berita Terkait
hitlog-analytic