Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Toyota Hentikan Penjualan Yaris Ativ Imbas Skandal Uji Tabrak

Toyota Yaris Ativ diduga jadi All New Vios di Indonesia
Sumber :

100kpj – Toyota memutuskan untuk menghentikan sementara penjualan Yaris Ativ, atau yang dikenal di Indonesia sebagai Toyota Vios. Ini menyusul skandal manipulasi hasil uji keselamatan tabrakan samping yang dilakukan Daihatsu sebagai anak perusahaan.

Penghentian sementara Toyota Yaris Ativ tersebut dilakukan di Thailand. CEO Toyota untuk kawasan Asia, Masahiko Maeda, mengatakan masalah tersebut mungkin terjadi karena tekanan selama pengembangan model Yaris Ativ.

Meski demikian kendaraan yang digunakan pelanggan aman. “Jika pengembangan dilakukan dalam kondisi yang sesuai, tentu masalah seperti ini tidak akan terjadi,” kata Maeda, dikutip dari Nikkei Asia, Selasa 9 Mei 2023.

"Saya kira fakta bahwa itu masih terjadi, berarti ada semacam tekanan di lokasi pengembangan," lanjutnya.

Tekanan yang dimaksudnya tersebut adalah Toyota Vios generasi terbaru itu memiliki ukuran yang lebih besar dari sebelumnnya. Hingga, jadi tantangan bagi Daihatsu sebagai produsennya yang diketahui spesialisasi pada produk kendaraan kecil.

Selanjutnya, Toyota pun akan melakukan pengujian ulang Yaris Ativ secara internal, dengan lembaga standar Jepang, tanpa melakukan modifikasi apapun pada bodi kendaraan. Toyota Thailand pun akan mengirimkan mobilnya ke Jepang.

Diberitakan sebelumnya, Toyota Yaris Ativ masuk dalam mobil dimanipulasi data uji tabraknya. Terindikasi ada 76.289 unit untuk Toyota Yaris Ativ. Lalu ada Perodua Axia untuk pasar Malaysia sebanyak 11.834 unit.

Berita Terkait
hitlog-analytic