Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daihatsu Akui Manipulasi Hasil Uji Tabrak 88 Ribu Unit Mobilnya

Perodua Axia
Sumber :

100kpj – Daihatsu mengakui telah melakukan manipulasi uji tabrak beberapa mobil buatannya, termasuk yang bermerek Toyota. Pabrikan berlogo D ini melakukan manipulasi demi permohonan sertifikat uji benturan samping terhadap empat mobil untuk pasar luar Jepang.

Mobil-mobil tersebut, seperti Toyota Yaris Ativ yang diproduksi di Thailand dan dipasarkan di Thailand, Meksiko dan lain-lain. Terindikasi ada 76.289 unit. Lalu ada Perodua Axia untuk pasar Malaysia sebanyak 11.834 unit.

Selain itu Toyota Agya buatan Indonesia yang untuk dijual di Ekuador pun terindikasi lakukan manipulasi uji tabrak dan ini rencananya bakal diproduksi Juni 2023.

Sehingga totalnya mencapai 88.123 unit mobil yang terlibat dalam kebohongan hasil uji tabrak tersebut. Pihak Daihatsu pun menyampaikan permohonan maafnya.

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada pelanggan dan pemangku kepentingan yang kepercayaan dan dukungannya telah kami khianati,” kata Presiden Daihatsu Global, Soichiro Okudaira di website resmi Daihatsu.

Dengan terkuaknya skandal ini, Daihatsu akan menangguhkan pengiriman mobil-mobilnya ke sejumlah negara setelah sebelumnya berkonsultasi dengan Toyota dan pihak-pihak terkait.

"Selain itu, saat melaporkan dan berkonsultasi dengan otoritas inspeksi dan sertifikasi, kami telah mengonfirmasi dan melaporkan bahwa hal itu sesuai dengan undang-undang dan peraturan dalam pengujian ulang internal menggunakan suku cadang yang tepat," tulis Daihatsu.

Berita Terkait
hitlog-analytic