Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sistem One Way dan Contraflow di Tol Kalikangkung-Cikampek Diperpanjang hingga Hari Ini

Kepadatan di gerbang Tol Kalikangkung
Sumber :

100kpj – Guna mencegah kemacetan pada arus balik mudik lebaran 2023, Korlantas Polri mengumumkan untuk memperpanjang sistem one way pada arus balik, hingga 1 Mei 2023. Perpanjangan sistem one way itu dimulai dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 72 Cikampek.

Tak cuma itu, sistem contraflow dari KM 72 Tol Jakarta Cikampek, sampai dengan KM 47 Tol Jakarta Cikampek juga akan diperpanjang dengan tanggal yang sama, yang berlaku pada sistem one way. Nantinya perpanjangan itu berlaku sampai pukul 24.00 WIB.

Walau begitu, pihak Korlantas menyebut bahwa aturan itu dapat berubah, apabila mengacu pada kondisi lalu lintas, CCTV, dan laporan petugas di lapangan. Jika tak padat, maka berlaku normal arus kendaraannya.

"Namun apabila pada periode perpanjangan tersebut kondisi lalu lintas dilihat dari traffic counting VCR di bawah ketentuan, pantauan CCTV, dan laporan petugas di lapangan selama 3 jam berturut-turut, maka rekayasa lalu lintas one way dapat dihentikan atau disesuaikan pelaksanaannya," bunyi pernyataan Korlantas Polri,Minggu, 30 April 2023.

Kepadatan di gerbang Tol Kalikangkung

Tetapi, apabila pada periode 3 jam sebelum jadwal pengakhiran aturan tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas, maka jadwal penyesuaian one way akan dimungkinkan terjadi. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Korlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menyebut bahwa perluasan one way dilakukan karena volume kendaraan arus balik mudik kian meninggkat per jamnya.

"Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way yang saat ini dilakukan dari KM 188 (Palimanan) sampai dengan KM 72 (Cikampek) akan diperpanjang dari KM 414 (GT Kalikangkung) sampai dengan KM 72 (Cikampek)," pungkasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic