Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemprov Riau Borong Mobil Listrik Harga Miliaran, Untuk Siapa?

Toyota bZ4X Pemprov Riau
Sumber :

100kpj - Pemprov Riau baru saja memboyong mobil listrik seharga miliaran rupiah. Kendaraan ramah lingkungan tersebut adalah Toyota bZ4X yang secara resmi diserahkan di halaman Balai Pauh Janggi, Senin 3 April 2023.

Melansir Antaranews, Selasa 4 April 2023, ada 8 unit Toyota bZ4X yang diberikan untuk beberapa pejabat di instansi pemerintah Riau. Mobil pelahap seterum tersebut diboyong menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2023.

Toyota bZ4X

Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) listrik itu dibeli untuk kendaraan dinas Gubernur, Wakil Gubernur, Sekdaprov, Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Kapolda, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, dan Badan Penghubung Provinsi Riau yang berada di Jakarta.

"Pengadaan mobil listrik ini menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik, terutama Berbasis Baterai," ujar Gubernur Riau Syamsuar kepada wartawan.

SUV ramah lingkungan itu menggunakan rancang bangun e-TNGA, atau Toyota New Global Architecture, dan menjadi kendaraan ramah lingkungan pertama mereka yang diracik bersama Subaru sebagai aliansinya. Mengandalkan baterai 355 volt, atau 71,4 kilowatt hour.

Meski secara kapasitas baterai lebih kecil dari Hyundai Ioniq 5, namun jarak tempuhnya berdasarkan pengujian internal bisa mencapai 500 kilometer. Menariknya di dalam SUV tersebut disematkan radiator, atau sistem pendingin agar mencegah baterai panas saat digunakan berkendara, serupa dengan Ioniq 5.

Berita Terkait
hitlog-analytic