Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini yang Bikin Pemerintah Jor-joran dalam Memberikan Insentif Kendaraan Listrik

Presiden Jokowi saat melihat charging station PLN
Sumber :

100kpj – Pemerintah Indonesia bergerak cepat dalam mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik. Tak heran jika jor-joran dengan adanya pemberian insentif atau subsidi untuk pembelian motor dan mobil listrik.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebutkan jika harus percepata penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Sebab, jika tidak akan risiko besar yang akan dihadapi Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi.

"Belajar dari beberapa negara tetangga kami yang juga mendorong industri KBLBB dengan berbagai insentif, Indonesia bisa memiliki risiko besar dengan hanya menjadi pasar untuk KBLBB, kalau kita tidak bertindak cepat," kata Luhut dalam konferensi pers di kantornya, Senin, 20 Maret 2023.

Karenanya, pemerintah berharap dengan adanya percepatan program KBLBB ini Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain. Supaya, ekosistem industri KBLBB nasional dapat berkembang secara signifikan.

"Program ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kemandirian energi Indonesia, untuk memutuskan ketergantungan terhadap BBM fosil," ujarnya.

Luhut Binsar

Meski demikian, Luhut mengaku menyadari sepenuhnya bahwa harga KBLBB di Indonesia saat ini masih terbilang cukup mahal bagi sebagian masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan pemerintah dan juga insentif fiskal, kepada masyarakat yang ingin memberi KBLBB.

Berita Terkait
hitlog-analytic