Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bocoran Subsidi Mobil Listrik, Hyundai Dapat Rp80 Juta dan Wuling Rp35 Juta

Hyundai Ioniq 5 di DPR RI
Sumber :

100kpj – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mulai memberikan bocoran atas subsidi untuk pembelian mobil listrik per unit. Bantuan sendiri akan diberikan kepada dua mobil listrik sejauh ini, yakni Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV.

Dalam peluncuran Pusat Industri Digital 4.0 pada hari ini, Selasa 14 Maret 2023, Menperin mengatakan bahwa besarannya masih terus dihitung namun jumlahnya akan berbeda untuk produk Wuling dan Hyundai.

Hyundai Ioniq 5

Untuk Wuling Air ev diperkirakan mendapatkan subsidi mulai Rp25 juta hingga Rp35 juta, sedangkan Hyundai Ioniq 5 Rp70-80 juta. Walau begitu, Agus Gumiwang menyebut semuanya masih dalam penghitungan.

"Kira-kira bantuannya sekitar Rp70-an juta juga. Jangan disebut memastikan, tapi sekitar Rp70-80 juta bantuan pemerintah untuk mobil Ioniq 5. Kalau untuk Wuling bantuan pemerintah akan sekitar Rp25-35 juta. Ini masih kita hitung dan kita lakukan segera," ujar Agus pada wartawan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

Menperin menuturkan, salah satu syarat yang harus dipenuhi produsen agar produknya bisa dapat bantuan yakni memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri minimal 40 persen. Dan juga mobil diproduksi di Tanah Air.

Berita Terkait
hitlog-analytic